Penerapan Aplikasi Multisim Pada Mata Kuliah Dasar Elektronika
Kata Kunci:
Aplikasi Multisim, Proses Pembelajaran, Hasil Belajar MahasiswaAbstrak
Pembelajaran dapat di maknai sebagai perangkat rencana atau pola yang dapat di pergunakan untuk merancang bahan-bahan pembelajaran serta membimbing aktivitas pembelajaran sebagai prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Upaya yang ditawarkan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan menerapkan Aplikasi Multisim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan aplikasi multisim dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Dasar Elektronika Program studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimen. Jumlah populasi sebanyak 62 orang dan seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil pretest kelas kontrol (A1) dan kelas eksperimen (A2), rata-rata hasil belajar masiswa masih rendah begitupun hasil posttest kelas kontrol (A1) nilai mahasiswa pada kategori belum tuntas sebanyak 53% dan tuntas hanya 47% sedangkan pada kelas eksperimen (A2) dengan penerapan aplikasi multisim terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa pada kategori belum tuntas 25% dan tuntas 75% ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar mahasiwa dengan aplikasi multisim.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).