Penerapan Aplikasi Multisim Pada Mata Kuliah Dasar Elektronika

Penulis

  • kamal kamal UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR
  • Sukirman Sukirman UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR
  • Nur Alamsyah UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR
  • Sirwan Sirwan Stmik akba

Kata Kunci:

Aplikasi Multisim, Proses Pembelajaran, Hasil Belajar Mahasiswa

Abstrak

Pembelajaran dapat di maknai sebagai perangkat rencana atau pola yang dapat di pergunakan untuk merancang bahan-bahan pembelajaran serta membimbing aktivitas pembelajaran sebagai prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Upaya yang ditawarkan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan menerapkan Aplikasi Multisim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan aplikasi multisim dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Dasar Elektronika Program studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimen. Jumlah populasi sebanyak 62 orang dan seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil pretest kelas kontrol (A1) dan kelas eksperimen (A2), rata-rata hasil belajar masiswa masih rendah begitupun hasil posttest kelas kontrol (A1) nilai mahasiswa pada kategori belum tuntas sebanyak 53% dan tuntas hanya 47% sedangkan pada kelas eksperimen (A2) dengan penerapan aplikasi multisim terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa pada kategori belum tuntas 25% dan tuntas 75% ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar mahasiwa dengan aplikasi multisim.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-01