PENGEMBANGAN PROJECT BASED E-LEARNING DENGAN ANALISIS PIECES DAN DESAIN UML
Kata Kunci:
Project Based e-Learning, PIECES, UMLAbstrak
INTISARIAplikasi e-Learning di Universitas PGRI Yogyakarta saat ini masih memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah belum adanya fitur untuk model pembelajaran berbasis proyek (PjBL). PjBL umumnya digunakan untuk mata kuliah praktikum.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi e-learning berbasis proyek di Universitas PGRI Yogyakarta. Metode penelitian dimulai dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Selanjutnya dilakukan analisis PIECES, desain UML dan uji kelayakan aplikasi menggunakan metode black box test dan alpha test.
Berdasarkan hasil pengujian black box dapat diketahui bahwa sistem dapat berjalan dengan baik dan telah memenuhi spesifikasi pada batasan masalah. Berdasarkan pengujian alpha didapatkan bahwa interaksi dalam menggunakan aplikasi ini sangat mudah, desain antarmuka aplikasi sangat menarik, fungsi-fungsi aplikasi ini lengkap, dan kinerja aplikasi secara keseluruhan sangat baik.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
 
						