Aplikasi Digital History Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kompetensi Sejarah Perjuangan Bangsa Di SMP Kelas IX

  • Muhammad Fairuzabadi Universitas PGRI Yogyakara
  • Cahyo Putro Wardoyo Universitas PGRI Yogyakarta
  • Puji Handayani Putri Universitas PGRI Yogyakarta
Keywords: digital History, Information System, instructional Media

Abstract

Abstrak

            Sejarah berperan sebagai sumber pengetahuan kita, menggambarkan sesuatu peristiwa ataupun peristiwa yang terjadi di masa lalu. Dengan mempelajari sejarah manusia pada generasi selanjutnya, bisa mengganti peristiwa masa lalu jadi pelajaran serta pengalaman buat membuat kehidupan masa depan jadi lebih baik. Namun pada realitasnya banyak anak-anak muda yang kurang berminat dalam belajar sejarah. Banyak orang yakin kalau belajar sejarah berarti menghafal nama ataupun tanggal terjadinya sejarah, serta mata pelajaran ini dianggap terlalu serius. Perihal inilah yang membuat sebagian besar siswa tidak suka belajar sejarah.

            Dalam penelitian ini, penulis merancang dan membuat aplikasi digital history yaitu aplikasi pembelajaran sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk kelas IX SMP. Aplikasi ini digunakan oleh 3 pengguna yaitu admin, siswa dan guru. Aplikasi ini digunakan oleh 3 pengguna ialah admin, siswa serta guru. Aplikasi berbasis web dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP serta database MySql.

            Hasil pengujian sistem aplikasi yang sudah dicoba di SMP Muhammadiyah 1 Kalibawang, yang terbagi kedalam beberapa poin yaitu: hasil kepuasan pengguna, minat pengguna, kualitas informasi, dan kualitas sistem informasi, menunjukkan sebagian responden setuju atau puas dengan aplikasi digital history ini.

Published
2022-10-01