Rahmad Pemanfaatan Media Pembelajaran Pengenalan Organ Lambung Berbasis Augemented Reality (AR) Untuk Program Studi DIII Keperawatan Universitas 'Aisyiyah Surakarta
Utilization of Stomach Organ Introduction Learning Media Based on Augemented Reality (AR) for the DIII Nursing Study Program, 'Aisyiyah University, Surakarta
Kata Kunci:
Kata kunci : Augmented Reality, media Pembelajran , Organ lambung.Abstrak
Media pembelajaran merupakan sebuah teknologi modern yang bisa digunakan antara pendidik dengan peserta didik dalam kegiatan belajar dan mengajar yang dapat menghubungkan, meyampaikan informasi dan menyalurkan pesan sehingga tercipta kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien. Media pembelajaran bisa menjadikan terjadinya sebuah komunikasi antara pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Apabila dalam kegiatan belajar mengajar tidak menggunakan media maka tidak akan terjadi proses pembelajaran. Saat ini perkembangan teknologi begitu sangat pesat. Media pembelajaran saat ini mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu media pembelajaran yang mengikuti perkembangan teknologi adalah media pembelajaran berbasis augemented reality. AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara realitas dalam waktu nyata. Realitas tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur maupun dunia pendidikan. Teknologi AR ini dapat menyisipkan suatu informasi tertentu ke dalam dunia maya dan menampilkannya di dunia nyata dengan bantuan perlengkapan seperti webcam, komputer, HP Android, maupun kacamata khusus.
Media Pembelajaran AR dapat memvisualisasikan sebuah organ lambung secara visual untuk pemahaman dan struktur suatu model objek memungkinkan AR sebagai media yang lebih efektif sesuai dengan tujuan dari media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merancang dan membangun media pembelajaran Augmented Reality pada organ lambung ; (2) mengetahui unjuk kerja dan kelayakan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Peneliti menggunakan metode experimen dan pengumpulan dari hasil observasi. Pembuatan media pembelajaran ini bertujuan sebagai pengenalan organ jantung di prodi DIII Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
Kata kunci : Augmented Reality, media Pembelajran , Organ lambung.