Analisis Kualitas Jaringan Hotspot Menggunakan Metode Quality of Service (QoS) dalam Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Gebang
Kata Kunci:
Hotspot, Quality of Service, Network Quality, Teaching and Learning ActivitiesAbstrak
Hotspot adalah jaringan nirkabel yang menyediakan akses internet kepada pengguna melalui perangkat Wi-Fi. Kualitas jaringan hotspot sangat penting dalam mendukung berbagai aktivitas, termasuk kegiatan belajar mengajar. Untuk menilai performa jaringan, metode Quality of Service (QoS) digunakan sebagai pendekatan standar dalam mengukur parameter-parameter utama jaringan, seperti throughput, packet loss, delay, dan jitter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas jaringan hotspot di SMK Negeri 1 Gebang menggunakan metode QoS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai throughput berada dalam kategori "Buruk" hingga "Sangat Buruk" pada jam-jam trafik tinggi (12:00-15:00), dengan nilai berkisar antara 150-318 kbps, sehingga memerlukan optimasi jaringan. Di sisi lain, parameter packet loss tercatat 0%, yang menempatkannya dalam kategori "Sangat Baik." Nilai delay berkisar antara 10,12 ms hingga 30,01 ms, menunjukkan responsivitas jaringan yang baik dalam kategori "Sangat Baik." Sementara itu, nilai jitter berada dalam kategori "Baik" meskipun mengalami sedikit fluktuasi pada jam sibuk. Secara keseluruhan, meskipun performa jaringan dinilai baik dalam aspek packet loss, delay, dan jitter, peningkatan kualitas throughput sangat diperlukan untuk memastikan koneksi yang stabil dan berkualitas, khususnya pada jam trafik tinggi. Temuan ini memberikan dasar untuk pengembangan strategi optimasi jaringan guna mendukung kegiatan pendidikan secara lebih efektif.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).