Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Ter integrasi IoT untuk Visualisasi Desain Arsitektur dan Kontrol IoT
DOI:
https://doi.org/10.31316/jdi.v14i1.386Kata Kunci:
Kata kunci : Augmented Reality, Internet of Things, Visualisasi Arsitektur, Unity 3D, Vuforia, Smart Home, NodeMCUAbstrak
ABSTRAK
Keterbatasan metode visualisasi arsitektur konvensional yang hanya memberikan tingkat pemahaman 70% dan kesenjangan dalam integrasi teknologi Augmented Reality (AR) dengan Internet of Things (IoT) menjadi tantangan utama dalam industri desain arsitektur modern. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi AR terintegrasi dengan sistem IoT untuk visualisasi desain arsitektur dan kontrol perangkat rumah pintar menggunakan pendekatan mixed-method dengan model pengembangan ADDIE. Sistem yang dikembangkan menggunakan Unity 3D sebagai engine rendering AR, Vuforia SDK untuk deteksi marker, NodeMCU ESP8266 yang terintegrasi dengan sensor DHT22 untuk monitoring suhu, dan sistem relay untuk kontrol pencahayaan melalui platform Blynk. Pengujian dilakukan terhadap 68 responden menggunakan instrumen System Usability Scale (SUS), pengujian akurasi deteksi marker, dan evaluasi latensi sistem. Hasil penelitian menunjukkan skor SUS mencapai 80,96 (kategori “Good”), melampaui target minimal 70 dengan margin 15,7%. Akurasi deteksi marker Vuforia mencapai 92% dalam berbagai kondisi pencahayaan, melebihi target 80% dengan korelasi yang sangat kuat (R=0,994). Tingkat pemahaman pengguna terhadap desain arsitektur meningkat signifikan menjadi 85,7% dibandingkan metode konvensional yang hanya 70% (p<0,05). Sistem monitoring suhu real-time menggunakan sensor DHT22 berhasil mencapai akurasi ±1°C dengan update setiap 5 detik sesuai target penelitian. Meskipun latensi kontrol IoT mencapai 4000ms, melampaui target 1000ms, sistem tetap memberikan pengalaman interaksi yang dapat diterima dalam konteks aplikasi rumah pintar. Penelitian ini berhasil menjembatani gap antara teknologi AR dan IoT dalam satu platform terintegrasi, memberikan kontribusi signifikan terhadap transformasi digital industri arsitektur dan pengembangan ekosistem bangunan pintar yang lebih efisien dan interaktif.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Adhitya Andriansyah Putra, Irman Hariman

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).