Komparasi Metode Naïve Bayes dan C45 pada Prediksi Pelanggan Deposito Berjangka
Kata Kunci:
Naïve Bayes, C45, Deposito BerjangkaAbstrak
Penentuan pelanggan produk pada dunia perbankan dalam memasarkan produk seperdti produk deposito berjangka merupakan permasalah tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkomparasi metode dalam pengembangan model prediksi langganan deposito berjangka dengan pemasaran secara langsung dari lembaga perbankan portugis. Pemasaran ini didasarkan pada panggilan telepon. Dengan memasukan data informasi kontak yang dilakukan kepada klien untuk mendapatkan jawaban “ya” atau” tidak”. Model prediksi yang dibandinngkan dibangun dengan metode Naïve Bayes dan metode C45. Hasil penelitian memperlihatkan model dengan nilai tertinggi adalah model yang dibangung dengan metode Naivebayes yaitu 63.77% . Model yang dibangun dengan metode Naïve Bayes juga dapat menghubungkan antar atribut sehingga lebih akurat dan menjadikan data sederhana dan efisien.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).