Komparasi Metode Naïve Bayes dan C45 pada Prediksi Pelanggan Deposito Berjangka
Kata Kunci:
Naïve Bayes, C45, Deposito BerjangkaAbstrak
Penentuan pelanggan produk pada dunia perbankan dalam memasarkan produk seperdti produk deposito berjangka merupakan permasalah tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkomparasi metode dalam pengembangan model prediksi langganan deposito berjangka dengan pemasaran secara langsung dari lembaga perbankan portugis. Pemasaran ini didasarkan pada panggilan telepon. Dengan memasukan data informasi kontak yang dilakukan kepada klien untuk mendapatkan jawaban “ya” atau” tidak”. Model prediksi yang dibandinngkan dibangun dengan metode Naïve Bayes dan metode C45. Hasil penelitian memperlihatkan model dengan nilai tertinggi adalah model yang dibangung dengan metode Naivebayes yaitu 63.77% . Model yang dibangun dengan metode Naïve Bayes juga dapat menghubungkan antar atribut sehingga lebih akurat dan menjadikan data sederhana dan efisien.