Aplikasi Digital History Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kompetensi Sejarah Perjuangan Bangsa Di SMP Kelas IX
Kata Kunci:
Digital History, Sejarah, Sistem Informasi, Media Pembelajaran.Abstrak
Abstrak
Sejarah berperan sebagai sumber pengetahuan kita, menggambarkan sesuatu peristiwa ataupun peristiwa yang terjadi di masa lalu. Dengan mempelajari sejarah manusia pada generasi selanjutnya, bisa mengganti peristiwa masa lalu jadi pelajaran serta pengalaman buat membuat kehidupan masa depan jadi lebih baik. Namun pada realitasnya banyak anak-anak muda yang kurang berminat dalam belajar sejarah. Banyak orang yakin kalau belajar sejarah berarti menghafal nama ataupun tanggal terjadinya sejarah, serta mata pelajaran ini dianggap terlalu serius. Perihal inilah yang membuat sebagian besar siswa tidak suka belajar sejarah.
Dalam penelitian ini, penulis merancang dan membuat aplikasi digital history yaitu aplikasi pembelajaran sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk kelas IX SMP. Aplikasi ini digunakan oleh 3 pengguna yaitu admin, siswa dan guru. Aplikasi ini digunakan oleh 3 pengguna ialah admin, siswa serta guru. Aplikasi berbasis web dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP serta database MySql.
Hasil pengujian sistem aplikasi yang sudah dicoba di SMP Muhammadiyah 1 Kalibawang, yang terbagi kedalam beberapa poin yaitu: hasil kepuasan pengguna, minat pengguna, kualitas informasi, dan kualitas sistem informasi, menunjukkan sebagian responden setuju atau puas dengan aplikasi digital history ini.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).