Penerapan Sistem Digital Berbasis Online bagi UMKM Studi Kasus Kana Shibori

Penulis

  • Erizal Erizal Universitas Respati Yogyakarta
  • Wiji Nurastuti

Kata Kunci:

Produk UMKM, Teknologi Informasi, Digital Marketing

Abstrak

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berperan besar dalam menopang perekonomian national Indonesia, terbukti menyumbang sebesar 60,34% dari Produk Domestik Bruto (PDB) sebelum adanya pandemi Covid-19 di tahun 2020. Peran UMKM perlu semakin ditingkatkan apalagi di tengah terjadinya pandemi seperti sekarang. Langkah atau proses yang dilakukan terhadap pelaku UMKM diarahkan pada upaya untuk meningkatkan kualitas produk, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk UMKM. Pemanfaatan teknologi informasi merupakan pilihan yang sangat tepat untuk efisiensi dan peningkatan manajemen produk secara digital, pengolahan data, dan sistem informasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Yogyakarta. Final output dari pemanfaatan teknologi ini dapat menunjang pelaksanaan marketing digital produk UMKM secara lebih baik dan tepat sasaran.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-30