Efektivitas Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Sparkol Videoscribe
Kata Kunci:
Pendidikan Agama Islam, Sparkol, VideoScribe, Animasi Audio Visual, Siswa SDAbstrak
Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), sebagian besar materi bersifat
teori dan pendalaman materi keagamaan termasuk menganalisis sesuatu
berdasarkan hukum Islam. Pembelajaran dilakukan dengan menyampaikan materi
dan dasarnya kemudian mahasiswa melakukan analisis terhadap permasalahan
yang ditemui. Dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi, Guru dituntut
untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran yang disampaikan kepada
Siswa.
Berdasarkan pembelajaran yang dilakukan, Siswa cenderung kurang tertarik dalam
menerima pembelajaran PAI. Dalam penelitian ini digunakan media pembelajaran
audio visual dengan memanfaatkan aplikasi videoscribe Sparkol.. Melalui aplikasi
Videoscribe ini, guru menciptakan pembelajaran berupa Animasi Audio Visual
yang interaktif dengan Siswa.
Berdasarkan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media
Videoscribe, 83,3% Siswa lebih menyukai pembelajaran dengan videoscribe
dibandingkan berbasis text saja, 58,3% tertarik dan 41,7% sangat tertarik dengan
pembelajaran menggunakan videoscribe ini.