Efektivitas Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Sparkol Videoscribe
Kata Kunci:
Pendidikan Agama Islam, Sparkol, VideoScribe, Animasi Audio Visual, Siswa SDAbstrak
Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), sebagian besar materi bersifat
teori dan pendalaman materi keagamaan termasuk menganalisis sesuatu
berdasarkan hukum Islam. Pembelajaran dilakukan dengan menyampaikan materi
dan dasarnya kemudian mahasiswa melakukan analisis terhadap permasalahan
yang ditemui. Dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi, Guru dituntut
untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran yang disampaikan kepada
Siswa.
Berdasarkan pembelajaran yang dilakukan, Siswa cenderung kurang tertarik dalam
menerima pembelajaran PAI. Dalam penelitian ini digunakan media pembelajaran
audio visual dengan memanfaatkan aplikasi videoscribe Sparkol.. Melalui aplikasi
Videoscribe ini, guru menciptakan pembelajaran berupa Animasi Audio Visual
yang interaktif dengan Siswa.
Berdasarkan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media
Videoscribe, 83,3% Siswa lebih menyukai pembelajaran dengan videoscribe
dibandingkan berbasis text saja, 58,3% tertarik dan 41,7% sangat tertarik dengan
pembelajaran menggunakan videoscribe ini.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).