Penerapan Finite State Machine Dalam Sistem Pertarungan Role Playing Game
Kata Kunci:
Finite State Machine, RPG, Sistem Pertarungan, gameplayAbstrak
Industri game telah berkembang pesat, khususnya dalam pengembangan mekanisme pertarungan dalam Role-Playing Game (RPG). Salah satu tantangan utama dalam pengembangan sistem pertarungan adalah menciptakan musuh yang adaptif dan responsif terhadap strategi pemain. Finite State Machine (FSM) banyak digunakan untuk mengelola perilaku musuh secara dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan sistem pertarungan dengan dan tanpa FSM guna menganalisis dampaknya terhadap kualitas gameplay.
Metode yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC) dengan pendekatan Doppler Interactive, yang mencakup tahapan perencanaan, desain, pengembangan, pengujian, hingga evaluasi. Untuk menguji efektivitas sistem pertarungan yang dikembangkan, evaluasi dilakukan menggunakan Heuristic Evaluation for Educational Games (HEEG), yang menilai aspek gameplay dan enjoyment berdasarkan tingkat severity rating.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pertarungan dengan FSM memperoleh skor gameplay sebesar 41%, sedangkan aspek enjoyment mendapatkan skor 71%. Selain itu, 78% responden menyatakan bahwa FSM meningkatkan adaptasi musuh terhadap strategi pemain, menciptakan pengalaman bermain yang lebih dinamis dan menantang. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembang game, khususnya pengguna RPG Maker MV, dalam mengoptimalkan mekanisme pertarungan guna meningkatkan kualitas permainan secara keseluruhan.