Analisis Pemanfaatan Instagram sebagai media Pemasaran Bagi UMKM
Keywords:
internet, media sosial, instagram, pemasaran digitalAbstract
Intisari
Sejak ditemukan 5 dekade yang lalu hingga saat ini, internet berkembang sangat pesat. Internet menyatukan manusia dari berbagai belahan dunia berkumpul dalam sebuah jaringan besar. Salah satu teknologi yang memanfaatkan internet adalah instagram. Instagram merupakan media sosial berbagi foto yang memungkinkan penggunanya untuk dapat berbagi foto dan video di halaman pengguna masing-masing.
Menurut data yang dilansir instagram mengenai pertumbuhan penggunanya, instagram kini telah mencapai 1 Milyar pengguna di seluruh dunia [1]. Aktifitas pengguna instagram di Indonesia juga termasuk tinggi, yaitu sekitar 53 juta orang pengguna mengakses instagram setiap bulannya [1]. Data tersebut merupakan potensi yang besar bagi pelaku bisnis untuk memanfaatkan instagram sebagai media promosi. Jumlah pelaku UMKM di Indonesia adalah 59,2 Juta, namun baru sekitar 8% atau sekitar 3,79 juta pelaku UMKM yang memanfaatkan media digital dalam jaringan untuk memasarkan produknya [2].
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara pemasaran produk UMKM menggunakan instagram. Berdasarkan data hasil penelitian Instagram sesuai untuk digunakan sebagai media pemasaran. Jenis konten yang paling banyak digunakan adalah Paid Promote. Waktu yang paling tepat menurut responden untuk mengunggah konten adalah antara pukul 16.00 hingga pukul 20.00. Rata –rata peningkatan pendapatan responden setelah menggunakan instagram sebagai media pemasaran adalah sekitar 11 % hingga 30%
Kata kunci— internet, media sosial, instagram, pemasaran digital
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).